Search

2 Maret 2011

Posisi dan fungsi dalam basket

Point Guard(1) 
Point Guard biasanya disebut sebagai raja dalam lapangan. kenapa ? karena biasanya seorang point guard dapat mengatur dan dapat mengetahui kelemahan dan kelebihan timnya. Point Guard memiliki gerakan yg cepat, gesit , pengoper yang handal, dan seorang Point Guard harus mengambil keputusan yang tepat dan terlebih lagi point guard harus berani drive in masuk untuk. dalam defence, Point Guard biasanya mengandalkan kecepatan dan kelincahan mereka merebut bola ( steal ).

Shooting Guard (2) 

 Shooting guard biasanya yg memiliki kemampuan shoot yg tinggi diantara pemain pemain di timnya terutama dalam 3 point.Shooting guard biasanya handal dalam 3 point.Biasanya orang yang menempati ini memiliki feeling yang kuat dan percaya diri yang besar agar dapat memasukan bola dari jarak 3 point. Shooting Guard juga memerlukan handling ball yg baik.posisi ini juga harus mempunyai operan yang handal karena Shooting Guard juga membantu peranan Point Guard. Ini adalah salah satu posisi terpenting dalam suatu tim.
 
Small Forward(3)

Small Forward biasanya pemain yg lebih kecil ,lebih pendek dari Forward lainnya ataupun Center dan  terlebih lagi Small forward harus memiliki gerakan yg cepat. Small forward ini posisi yang bisa dibilang juga "multi talented". Small Forward juga dapat melakukan 3 point seperti  Shooting Guard. Tapi posisi ini juga disebut second rebounder karena small forward juga harus dapat rebound walaupun tidak sebagus Forward atau Center.

Power Forward(4) 

Fungsi dari Power Forward dan Center cukup mirip.Power Forward biasanya memiliki ukuran tubuh yg cukup besar dan tertinggi ke 2 dalam tim. Power Forward harus memilik lompatan yg tinggi dan ahli dalam rebound. Dalam offense, biasanya Power Forward bermain dibawah ring, under ring dan dikenal sebagai mid range shooter. Dalam defense, Power Forward harus dapat memperkirakan timing musuh pada saat shoot ato lay up agar dapat memblock serangan musuh. Power Forward harus mahir dalam blocking agar dapat menahan bola yg akan masuk ke ring ( block dapat membuat musuh kita down dan ini sangat berguna dalam game)
 
Center(5) 

Pusat juga disebut sebagai 'pivot'. Dia bermain dekat dengan baseline dan ring. Center adalah pemain yang paling tertinggi dalam tim.Center biasanya ahli dalam under ring(shoot dibawah ring). Seperti kata pepatah " a player who control rebound he can win the game" Center adalah pemain yang wajib memenangkan setiap kesempatan rebound karena rebound sangat penting dalam game.Terlebih lagi center adalah pemain tertinggi jadi Center juga memiliki tanggung jawab yang besar dalam defense karena menjadi pertahanan utama dalam tim.Center juga harus dapat melakukan blocking pada serangan musuh( block dapat membuat musuh kita down dan ini sangat berguna dalam game)

Ini yang saya ketahui tentang poisi dan fungsi2 dalam basket. Thanks:p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar